Warehouse and Inventory Management

Inventori ( persediaan ) merupakan salah satu sumber daya (resources) yang keberadaannya tidak dapat dihindarkan dan sangat diperlukan untuk menjamin kelancaran usaha baik usaha bisnis maupun industri. Untuk itu perlu direncanakan dan dikendalikan secara profesional. Berbagai metoda dan model perencanaan dan pengendalian inventori telah dikembangkan mulai dari yang paling konvensional yaitu Statistical Inventory Control (SIC) sampai dengan yang paling maju yaitu MRP dan JIT telah diaplikasikan pada berbagai perusahaan yang menyadari akan pentingnya peran inventori dalam meningkatkan daya saing usaha. Hal ini disebabkan karena kenyataan menunjukkan bahwa inventori bukan hanya sekedar kegiatan yang terkait dengan penyediaan barang saja tetapi merupakan salah satu komponen strategis dalam manajemen logistik dan supply chain.

Saat ini, pergudangan yang efektif dan efisien adalah pergudangan yg mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kecepatan proses mulai dari Penerimaan, Penyimpanan, hingga Pengiriman, untuk itu dibutuhkan system informasi yang terintegrasi pada proses supply chain, dan proses yang just in time yang maksimal, pengelolaan gudang yang baik mampu mengurangi biaya-biaya yang tidak seharusnya dikeluarkan.

Kompetensi bisnis yang semakin tajam, serta perkembangan komunikasi dan transportasi, memotivasi pelaku usaha untuk mengelola lebih mengefisiensikan pergudangannya. Semua aktifitas warehousing harus dapat menciptakan servis level yang tinggi kepada semua customer tetapi dengan biaya pengelolaan yang seminimum mungkin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s