CREDIT RISK, RECEIVABLE & COLLECTION MANAGEMENT

JADUAL & LOKASI :
Kamis, 27 Nopember 2014 – Jum’at, 28 Nopember 2014
Pukul 08.30 WIB – 17.00 WIB
Harris Hotel Tebet / Puri Denpasar Hotel Kuningan

: : BONUS ! ! BACKPACK & POWERBANK : :

INVESTASI :
– Rp 3.500.000,- Per Orang
– Rp 3.350.000,- Early Bird (Pembayaran 10 Hari Sebelum Pelaksanaan Training) Per Orang
– Rp 6.400.000,- Harga Group Untuk 2 Orang

SIAPA YANG PERLU HADIR ?
General Managers, Managers, Supervisors, Section Head, Bankers, Staff, Collection Division atau siapapun yang bertanggung jawab terhadap manajemen kas dan likuiditas keuangan perusahaan

FASILITAS PELATIHAN :
Training Modul Handout, Sertifikat, Makan Siang Per hari, 2x Coffee Break Per hari, Flashdisk (Termasuk softcopy modul dan dokumentasi pelatihan)

TRAINER / FASILITATOR :

Ir. SLAMET AFANDI, MBA
Ir. Slamet Affandi, MBA adalah Merupakan praktisi dan konsultan bisnis dan manajemen dengan kekhususan keuangan, akunting, operasi dan strategi bisnis serta sistem pengendalian internal. Berkarir lama dan menimba pengalaman di sebuah lembaga keuangan bukan bank milik pemerintah yang mengkhususkan operasinya dalam venture capital dan management services, konsultan bisnis dan manajemen di beberapa proyek Asian Development Bank, Pernah menjabat sebagai Operation Director, Finance Director, Senior Manager dan Manager di perusahaan swasta nasional, dan aktif sampai saat ini sebagai konsultan bisnis dan manajemen pada perusahaan swasta dan BUMN.

Ir. Slamet Affandi, MBA merupakan Instruktur/Pembicara reguler berbagai pelatihan manajemen di berbagai lembaga pelatihan, dan juga staf pengajar (home base) di program Magister Manajemen, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Mesin di Jakarta. Memperoleh gelar MBA dari IEU Institute Management/European University majoring in financial controlling and planning.

DESKRIPSI PELATIHAN :
Berawal dari strategi manajemen resiko yang tidak cocok dan situasi bisnis yang tidak menentu menyebabkan perusahaan mengalami kerugian dalam penjualannya, terutama masalah penjualan kredit yang tidak tertagih. Saat ini banyak perusahaan menaruh perhatian yang besar terhadap permasalahan penjualan credit dan collection. Karena penjualan tinggi tidak akan berarti apa-apa apabila tidak dapat tertagih. Perusahaan dituntut untuk mampu menganalisa dengan baik calon pelanggan dan pelanggan tetap. Bagaimana karakternya dan sebagainya untuk meminimalisir kerugian atas penjualan yang tidak tertagih. Dengan pengelolaan yang lebih profesional atas permasalahan penjualan kredit dan penagihan akan meningkatkan kinerja keuangan secara signifikan pada akhirnya meningkatkan kinerja perusahaan.

Menyadari hal tersebut saat ini banyak perusahaan mulai menaruh perhatian besar terhadap receivable dan collection. Fungsi penjualan tidak dapat berdiri sendiri dengan hanya ingin mencapai target penjualan saja. Perusahaan harus dapat menyeimbangkan antara target penjualan dan collectibility dari client. Training ini juga menggunakan metode pelatihan dengan memaparkan beragam praktek terbaik. Studi kasus dalam menyusun, mereview dan melaksanakan strategi penagihan. Difasilitasi instruktur yang memiliki pengalaman sebagai praktisi dan pengajar materi collection.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
1. Membekali peserta dengan teknik yang aplikatif dalam menganalisa faktor-faktor resiko kredit melalui pemahaman calon customer, apa saja yang perlu diketahui, bagaimana caranya dan bagaimana
menarik kesimpulan dari analisa tersebut
2. Membekali teknik melakukan analisa credit apabila tidak tersedia laporan keuangan calon customer serta analisa kualitatif
3. Meningkatkan kemampuan peserta dalam menganalisis dan mengendalikan piutang
4. Meningkatkan kemampuan peserta dalam mengenali kecurangan dan mengontrol Receivable
5. Meningkatkan pemahaman peserta mengenai dasar-dasar perhitungan di dalam management Collection serta sistem Collection yang terukur, terorganisir dan terkendali
6. Membekali peserta dengan strategi-strategi dalam pengelolaan management collection yang handal Membekali peserta dengan teknik negosiasi yang efektif sebagai bagian dari upaya peningkatan
produktifitas collector

METODE PELATIHAN :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Pre dan Post Test, lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

POKOK-POKOK BAHASAN :
HARI PERTAMA

PRE TEST

1. CREDIT RISK MANAGEMENT
A. Faktor-faktor resiko kredit yang perlu dianalisa
B. Menentukan tingkat resiko dan exposure
C. Analisa Laporan keuangan : 6 ratio dan CFFO
D. Menentukan credit terms dan credit limit
E. Analisa keuangan tanpa laporan keuangan
F. Analisa kualitatif
G. Teknik menganalisa “character”

2. RECEIVABLE MANAGEMENT
A. Pengertian Piutang dan dampaknya terhadap Arus Kas
B. Analisis Aging Schedule yang menyeluruh

HARI KEDUA
2. RECEIVABLE MANAGEMENT (Lanjutan) 
C. Antisipasi Kecurangan yang berkaitan dengan Receivable
D. Teknik-Teknik mengontrol Receivable
E. Pengaruh mata uang asing pada receivable dan penanggulangannya

3. CORPORATE COLLECTION MANAGEMENT
A. Memahami tingkat tawar menawar dalam menentukan strategy collection
B. Konsep serta Aplikasi dalam menjalankan collection process
C. Teknik dalam menghadapi customer yang “nakal”
D. Negotiation Skill for Collector
F. Pengukuran kinerja collection

POST TEST

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s