BUDGETING AND COST CONTROL : PLANNING & CONTROLLING

JADUAL & LOKASI :
Kamis, 18 Desember 2014 – Jum’at, 19 Desember 2014
Pukul 08.30 WIB – 17.00 WIB
Harris Hotel Tebet / Puri Denpasar Hotel Kuningan

: : BONUS ! ! BACKPACK & POWERBANK : :

INVESTASI :
– Rp 3.500.000,- Per Orang
– Rp 3.350.000,- Early Bird (Pembayaran 10 Hari Sebelum Pelaksanaan Training) Per Orang
– Rp 6.400.000,- Harga Group Untuk 2 Orang

SIAPA YANG PERLU HADIR ?
Finance Directors, Corporate Finance Managers, Heads Of Finance/Accounting, Kabag Perencanaan & Anggaran, Para Manajer Lini/Madya, dan Staf Operational yang terlibat dalam Perencanaan dan Pengendalian Anggaran/Laba perusahaan

FASILITAS PELATIHAN :
Training Modul Handout, Sertifikat, Makan Siang Per hari, 2x Coffee Break Per hari, Flashdisk (Termasuk softcopy modul dan dokumentasi pelatihan)

TRAINER / FASILITATOR :

Ir. SLAMET AFANDI, MBA
Ir. Slamet Affandi, MBA adalah Merupakan praktisi dan konsultan bisnis dan manajemen dengan kekhususan keuangan, akunting, operasi dan strategi bisnis serta sistem pengendalian internal. Berkarir lama dan menimba pengalaman di sebuah lembaga keuangan bukan bank milik pemerintah yang mengkhususkan operasinya dalam venture capital dan management services, konsultan bisnis dan manajemen di beberapa proyek Asian Development Bank, Pernah menjabat sebagai Operation Director, Finance Director, Senior Manager dan Manager di perusahaan swasta nasional, dan aktif sampai saat ini sebagai konsultan bisnis dan manajemen pada perusahaan swasta dan BUMN.

Ir. Slamet Affandi, MBA merupakan Instruktur/Pembicara reguler berbagai pelatihan manajemen di berbagai lembaga pelatihan, dan juga staf pengajar (home base) di program Magister Manajemen, Magister Teknik Industri, dan Magister Teknik Mesin di Jakarta. Memperoleh gelar MBA dari IEU Institute Management/European University majoring in financial controlling and planning.

DESKRIPSI PELATIHAN :
Budget merupakan suatu alat ajuan atau petunjuk bagi perusahaan dalam melakukan usahanya serta merupakan alat control. Tanpa adanya budget, perusahaan akan mengalami kesulitan. Budget bukan sekedar angka-angka yang tanpa makna yang dibuat berdasarkan forecast. Namun seringkali perusahaan tidak menyadarinya, atau membuat budget ala kadarnya, yang penting ada budget. Atau budget dibuat dengan hanya sekedar mengkompilasi angka-angka yang dikumpulkan dari setiap departement fungsional.

Dengan adanya budgeting, perusahaan akan mencoba memasukkan seluruh faktor yang mempengaruhi jalannya perusahaan hingga tujuan, strategi dan taktik dalam memenangkan persaingan. Dalam pelatihan ini akan dibahas bagaimana memperhitungkan external dan internal faktor dalam menentukan tujuan dan strategi, sehingga budget dapat dibuat dengan komprehensif.

TUJUAN & MANFAAT PELATIHAN
1. Memberikan pemahaman terhadap Definisi dan tujuan budgeting dalam sebuah perusahaan
a. Definisi dan tujuan budgeting dalam sebuah perusahaan
b. Konsep dan cycle budgeting
c. Tujuan dari Strategic Planning
2. Memberikan konsep dan aplikasi dalam melakukan analisa strategi untuk kondisi internal dan external
3. Memberikan pemahaman dan aplikasi dalam membuat budgeting secara detail dan bertahap
4. Memberikan pemahaman dan aplikasi dalam membuat departemental budget
5. Memberikan pemahaman untuk mengatur proses review dan approval budget secara efektif
6. Memberikan pemahamana bagaimana menggunakan budget sebagai alat ukur kinerja
7. Dapat memanfaatkan kesempatan untuk:
– mendapatkan pemecahan masalah yang mungkin dihadapi berkaitan dengan topik bahasan
– me-refresh/mereview kembali metode yang digunakan selama ini apakah sudah efektif atau masih mungkin disempurnakan
– sharing experience dengan sesama peserta dan instruktur

METODE PELATIHAN :
Metode yang digunakan dalam pelatihan ini adalah Pre dan Post Test, lektur, workshop, studi kasus dan konsultasi interaktif.

POKOK-POKOK BAHASAN :

HARI PERTAMA

PRE TEST

1. PRINSIP BUDGETING DAN COST CONTROL
– Fungsi Budget dan Ruang Lingkup Budget
– Tujuan, Konsep, dan Proses Budget
– Performance Evaluation

2. LINKING THE TACTICAL BUDGET TO COMPANY STRATEGIC OBJECTIVES
– Budgeting Cycle
– Analisa External Faktor dan Asumsi Dasar Budget
– Hubungan Antara Tujuan, Strategi dan Tactical Budget yang Merefleksikan dalam Laporan Keuangan

3. THE REVENUE BUDGETING
– Hubungan antara Revenue dan Strategi Perusahaan
– Membuat Budget Revenue secara Komprehensif
– Teknik Aplikatif dalam Mengevaluasi Budget Revenue
– Contigency Plan
– Revenue Budgeting Cycle dan Management Commitment

4. THE OPERATING BUDGET
– Langkah – Langkah Pembuatan Operational Budget
– Menghitung Labor Hours Avaibility dan Headcount Plan
– Menghitung Budgeted Manufacturing Overhead Rates

HARI KEDUA
5. EXPENSE BUDGETING

– Teknik Membuat Expense Budget (Competitive Parity, Percentage of Sales, Fixed Sum Per Unit, Previous Profit, Roi & Task Method)
– Detail and Completeness
– Allocations from Cost Centers
– Membuat Budget Selling Expenses dan Marketing Expenses
– Capital Expenditures Budgeting and Analysis
– Cost Control dan Reporting Expenses

6. MENYIAPKAN DEPARTMENTAL BUDGET
– Konsep dan Aplikasi Spending Budget
– Meningkatkan Keakurasian Expenses Budget

7. PROSES APPROVAL BUDGET
– Bagaimana Review Process yang Efektif
– Membuat Contigency Plan
– Mengidentifikasikan Reserve dalam Budget

8. PENGUKURAN KINERJA TERHADAP BUDGET
– Variance Analysis
– Menentukan Kapan Budget Akan direvisi
– Takes Time To Makes Analysis

9. BEST PRACTICE IN COST CONTROL

POST TEST

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s